Joystick ini Mempermudah dalam Bermain Game di Smartphone

Rasanya kurang menantang jika bermain game yang biasa-biasa saja, sebentar saja sudah sampai level terakhir. Bagi game-game yang mempunyai kerumitan yang menantang pasti selalu diburu dan menjadi pilihan permainan. Namun yang menjadi kendala saat memainkan game-game yang sulit, kadang kala touchscreen tidak mampu untuk memberikan kontrol yang memadai.

 

Sepertinya untuk memecahkan dilema pada touchscreen, diperlukan add-ons smartphone Android antara lain joystick. Salah satu konsol kontrol tradisional untuk smartphone adalah MOGA, yaitu gamepad yang berjalan melalui fasilitas Bluetooth berbentuk stik analog ganda – hampir mirip seperti stik PlayStation dan Xbox.

Dari perspektif desain, MOGA adalah joystick yang benar-benar perlu untuk dicoba, jika para pemain game tidak ingin kesulitan dan ribet dalam menjalankan jari-jari tangannya. Tata letak tombol mirip dengan Xbox 360 atau PlayStation 3, dan stik analog memiliki kemiripan dengan bantalan lingkaran pada Nintendo 3DS.

Joystick MOGA dibungkus satu set dengan aplikasi pendamping yang disebut MOGA Pivot, yang akan mengarahkan pemain untuk game-game apa saja yang mendukung kontroler MOGA. Selain itu, karena controller menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan, MOGA juga kompatibel dengan tablet Android. Joystick MOGA juga diklaim dapat berjalan selama 24 jam pada dua baterai AAA, yang berarti smartphone Tekoners mungkin akan kehabisan baterai terlebih dahulu.